SOSIALISASI DAN PELATIHAN SAPTO BEKERJASAMA DENGAN BAN-PT

Senin, 22 Januari 2018 00:00:09 WIB Oleh : Administrator


image

Dalam rangka meningkatkan efesiensi dan kualitas akreditasi Perguruan Tinggi, Universitas Langlangbuana Bandung bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)  menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online. Kegiatan diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 12 Januari 2018 ini bertempat di Wisma Buana Universitas Langlangbuana, Jalan Karapitan No 116 Bandung, dengan menghadirkan nara sumber DR. Agus Setiabudi, M.Si (Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT), Prof. DR. Adiwijaya, M.Si (Universitas Telkom) dan DR. Beni Rio Hermanto, M.Si (ITB). Acara ini diikuti oleh seratus peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Mitra, diantaranya adalah UBARA Jaya Jakarta, UBARA Surya Surabaya, Universitas Suryakencana Cianjur, dan UNINUS Bandung.

Rektor Universitas Langlangbuana, DR. H.R. AR. Harry Anwar, SH, M,H dalam sambutannya menyatakan bahwa kewajiban akreditasi bagi perguruan tinggi maupun program studi sebagaimana yang telah di atur dalam Permenristekdikti nomor 32 tahun 2016, mengharuskan bagi perguruan tinggi untuk mengikuti system akreditasi pendidikan tinggi online (SAPTO) dan system akreditasi nasional (SAN) yang menjadi pijakan baru dalam proses akreditasi BAN-PT. Permen tersebut tentunya berfungsi sebagai organ kebijakan akreditasi dan sekaligus proses untuk menentukan kelayakan progam studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional perguruan tinggi. Lebih lanjut Harry mengatakan, target yang ingin dicapai adalah agar perguruan tinggi lebih siap dalam menyiapkan data kualitatif yang bersifat naratif  dan kombinasi data kuantitatif dan kualitatif.  Seperti diketahui, bahwa sampai dengan saat ini, dari 4.472 perguruan tinggi, sebanyak 3.340 PT belum terakreditasi. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat akreditasi adalah salah satu wujud kualitas dari sebuah institusi perguruan tinggi.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Eksekutif BAN PT Dr. Agus Setiabudi M.Si menyatakan bahwa akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi, dengan prinsip dasarnya yakni independen, akurat, obyektif, transparan dan akuntabel. Dengan kebijakan akreditasi online, maka perguruan tinggi mendapat kesempatan yang sama untuk menggunakan system dan adanya jaminan realibilitas system sehingga dapat efektif dan efesien.

Berdasarkan Permenristekdikti nomor 32 tahun 2016, peringkat akreditasi terdiri atas kategori Baik, Baik Sekali, Unggul dan Tidak Terakreditasi, sedangkan peringkat akreditasi sebelumnya adalah Tidak terakreditasi  Nilai 0 - <200, Terakreditasi : C nilai  200 – <300, Terakreditasi B nilai 300 – <361 dan Terakreditasi A nilai 361 – 400. Saat ini, Universitas Langlangbuana memiliki akreditasi kategori Baik Sekali.

HUMAS UNLA