UNLA GELAR LOMBA PIDATO DAN DEBAT BAHASA INGGRIS 2017

Rabu, 24 Mei 2017 08:06:06 WIB Oleh : Administrator


image

Universitas Langlangbuana Bandung menggelar acara Lomba Debat dan Pidato Bahasa Inggris, kamis (18/05). Acara ini digelar sekaligus untuk memperingati Dies Natalis Unla yang ke-35. Lomba yang berlangsung selama 1 bulan,ini dimulai dari babak penyisihan di bulan April hingga babak final di bulan Mei dengan peserta  mahasiswa Unla perwakilan dari setiap fakultas.

Acara ini awalnya bertujuan untuk memperbaiki Bahasa Inggris mahasiswa Universias Langlangbuana. Seperti yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Devidescu Cristina Victoria M.A. selaku Kepala Pusat Bahasa Universitas Langlangbuana, "Sebetulnya tujuan acara ini ditujukan untuk memperbaiki Bahasa Inggris mahasiswa unla, karena ternyata anak-anak itu potensinya besar, hanya barangkali kurang diberikan kesempatan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa  Unla itu bisa." Ujar pengampu mata kuliah Bahasa Inggris yang sering dipanggil Prof. Christine ini.

Lomba ini sangat diapresiasi oleh mahasiswa Unla sendiri, jumlah peserta yang berhasil memasuki babak penyisihan berjumlah 63 orang. "Jadi awalnya itu untuk pidato ada 33 orang, untuk debat ada 30 orang, yang terbagi menjadi 10 grup. Untuk seleksi awal itu kita bikin tinggal 8 grup dan 16 orang, dari 16 orang kita ambil di semifinal, hanya 9 orang dan 4 grup yang kita anggap terbaik, maka untuk final ini hanya tersisa 9 orang dan 4 grup." Tambah Prof. Christine.

Menurut para peserta yang mengikuti lomba, acara ini memberikan pengalaman, kesan dan pesan. serta manfaat tersendiri bagi mereka. Seperti yang dirasakan oleh Kevin, peserta lomba pidato yang meraih juara harapan I ini mengungkapkan bahwa acara ini memiliki manfaat yang bagus untuk mahasiswa Unla. "Jadi lomba pidato ini seperti menunjukan kemampuan bahwa mahasiswa Unla itu memiliki bakat yang bagus. Manfaat yang saya rasakan, menambah vocabulary atau kata-kata baru yang dapat menambahkan rasa percaya diri." Papar Kevin.

Perasaan senang dan bangga pun tidak dapat dibendung lagi oleh Ghina Monica, Ranny Indah, dan Carina Thianita yang berhasil keluar sebagai juara I di lomba debat. "kami sangat senang dan bangga  pastinya, karena sudah melewati masa seleksi, eliminasi dan akhirnya masuk final. Dan kita selama 1 bulan berproses, akhirnya bisa keluar sebagai juara. tentunya sangat senang dan bangga sekali." ujar mereka.

Mereka pun memberikan pesan untuk mahasiswa/i unla lainnya agar berani untuk menunjukkan bakatnya.”untuk rekan lainnya semoga mau tampil  dengan percaya diri menunjukan kemampuannya. setiap orang memiliki bakat, asalkan mau dan berani pasti bisa.” Ungkap mereka.

Mereka juga berharap agar acara lomba ini lebih baik lagi dan akan terus diadakan tiap tahunnya. “acara ini baru pertama kali terlaksana, semoga menjadi awal dan berlanjut untuk ke depannya. Dengan harapan dari tahun ke tahun semakin lebih baik.” ujar mereka.


(Humas UNLA)