PENYELENGGARAAN MEPELING UNTUK 1580 MAHASISWA BARU UNLA

Jum'at, 07 September 2018 09:10:10 WIB Oleh : Humas Unla


image

Universitas Langlangbuana menyelenggarakan kegiatan tahunan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru berupa kegiatan Mepeling (masa pengenalan lingkungan kampus) selama 4 hari dari tanggal 5 sampai dengan 8 september 2018 di lingkungan kampus Unla, Jalan Karapitan no 116 Bandung. Mepeling dilaksanakan dengan tujuan agar setiap mahasiswa baru mengetahui fungsi, peran dan paradigm baru system pendidikan tinggi di Indonesia serta mengenal posisi Unla di dunia pendidikan tinggi. Melalui Mepeling pula, mahasiswa baru Unla tumbuh kesadaran dan pemahamannya akan kebudayaan, nilai dan etika keilmuan serta ketentuan/peraturan atau tata tertib mahasiswa, termasuk hak dan kewajiban setiap mahasiswa Unla.

Rektor Universitas Langlangbuana, Dr.H.R. AR. Harry Anwar SH., MH menyatakan bahwa sebagai universitas yang berorientasi agar lulusannya inovatif, profesional dan berkarakter, Unla terus berupaya untuk mengutamakan pendidikan karakter yang selama ini telah dilakukan dengan upaya pengembangan kurikulum yang dilaksanakan seluruh fakultas pada semester awal perkuliahan dengan mengedepankan mata kuliah dasar umum terutama mata kuliah pendidikan agama, Pancasila dan kewarganegaraan dengan maksud agar generasi muda senantiasa ikut serta dalam mempertahankan keutuhan NKRI, “selain itu, Unla saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan fasilitas pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, pelayanan berbasis teknologi (sistem informasi akademik) dan kemudahan pelayanan administrasi lainnya baik kepada mahasiswa, tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan,”ujar Harry.

 

Dalam kesempatan ini, Harry selaku Rektor Unla juga mengharapkan agar mahasiswa Unla dapat meningkatkan iman dan taqwa, kemandirian, dan kerja keras yang harus dipertahankan sekuat tenaga, supaya dapat menyelesaikan tugas-tugas sebagai mahasiswa Unla dan berhasil menyelesaikan studi tepat waktu, berprestasi dan tetap menjunjung tinggi moralitas. Dengan visi Unla menjadi universitas yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan inovatif menuju masyarakat yang sejahtera, saat ini Unla terus berupaya mendorong prestasi dosen dan mahasiswanya baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Adapun kegiatan Mepeling selama 4 hari ini diisi dengan materi-materi berupa fungsi dan peran pendidikan tinggi di Indonesia, pengenalan organisasi dan fungsi universitas/fakultas/jurusan, prospek kerja bidang studi masa depan, sistem kredit semester (sks), masa studi, rencana studi, kurikulum, fungsi dosen pembimbing akademik dan tugas-tugas akademik. Selain itu, dalam kegiatan Mepeling kali ini juga mahasiswa baru diberikan materi tentang pengenalan nilai budaya dan etika berupa wawasan nusantara dan Bhineka Tunggal Ikla, bela negara dan ketahanan nasional, Pancasila dan UUD 1945 serta pendidikan karakter. Sedangkan di bidang organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa baru Unla dibekali dengan materi tentang jenis lembaga, struktur organisasi lembaga kemahasiswaan di tingkat perguruan tinggi/fakultas/jurusan, unit pelaksana administrasi dan akademik, aktivitas dan proses menjadi anggota/kepengurusan serta jenis kegiatan mahasiswa yang mengarah pada penalaran, bakat/minat dan ketaqwaan seperti seni, olahraga, pendidikan dan sosial.